Rabu, 28 Oktober 2009

Pemuda dengan Sumpahnya

Tema : Peran Sumpah Pemuda Sebagai Pilar Kepemudaan dan Kemahasiswaan

Pemuda Dengan Sumpahnya

Oleh : Kurnia Chris Pradana Wicaksono

Sumpah pemuda adalah perwujudan pemuda Indonesia pada periode penjajahan setelah kebangkitan nasional (1908). Sebuah dekonstruksi ideologi pemuda saat itu yang menonjolkan arogansi kedaerahannya, menjadi sebuah ikrar yang membentuk semangat nasionalisme. Ikrar tersebut memuat 4 prinsip yaitu kemandirian, kemerdekaan, kesetaraan, dan identitas. Ikrar inilah yang menjadi cikal bakal konsep negara bangsa.

Sepert ideologi sebuah perhimpunan pemuda (Perhimpunan Indonesia) pada masa itu yaitu kesatuan nasional, solidaritas, non kooperatif, dan swadaya; pemuda Indonesia mulai sadar akan pentingnya sebuah persatuan dalam kesatuan. Mereka mulai membredel kegairahan etnis mereka dan menghindari chauvinisme dan nasionalisme etnis. Peran pemuda sebagai propagandis saat itu membawa pengaruh yang besar dalam pengembangan konsep negara bangsa kala itu.

Namun kini, konsep negara bangsa sudah mulai bergeser. Globalisasi yang membuat konsep negara bangsa dipandang tidak relevan lagi dan dikatakan tidak realistis. Negara mulai mempertahankan kepentingannya dalam menjaga hubungan global. Padahal, mengeliminasi konsep negara bangsa, sama saja menghilangkan sumber inspirasi untuk menjaga eksistensi negara dan kepentingannya. Arus globalisasi menjadi transparan. Globalisasi menyatakan pergeseran konsep negara bangsa yang berlandaskan bukan semata-mata pada pilar individu (self) dan masyarakat yang berdaulat (national society) namun juga pada dunia bangsa-bangsa nasional (world of national societies) serta bangsa manusia (mankind). Keempat unsur inilah yang menjadi unsur konstitutif negara bangsa.

Masalah dan problematika yang melanda sebuah bangsa akan selesai apabila bangsa itu memiliki pijakan. Pijakan itu adalah nasionalisme. Perasaan satu bangsa, satu tanah, dan satu bahasa harus selalu senantiasa tertanam dalam hati sanubari bangsa tersebut.

Bukan waktunya lagi bangsa ini dijajah baik dari luar maupun dalam negeri. Namun saat ini masih banyak pemuda Indonesia yang masih hidup dalam penjajahan atas dirinya sendiri. “Penjajahan yang membuat orang sulit untuk merasa merdeka adalah keterkungkungan pola pikir yang selalu melihat dari satu sisi saja,” begitu yang diunkapkan oleh Parlindungan Marpaung dalam buku Setengah Isi Setengah Kosong.

Mahasiswa memiliki kedudukan yang spesial (special position) di masyarakat, baik di dalam kampus maupun di luar. Kekhasan ini tampak dari beberapa atribut yang disandang mahasiswa yaitu intelektual muda, kelompok penekan (pressure group), agen pembaharu (agent of change), dan kelompok anti status quo. Keempat elemen inilah yang menuntut mahasiswa untuk berpikir kritis, berpikir lebih jauh ke depan, dan segera merealisasikannya. Menurut Burhanudin Ahmad Agin (Ketua Umum Komisariat Pangkalpinang KAMMI Daerah Kepulauan Bangka Belitung) yaitu “Ada lima hal pada pemuda adalah sebagai perubah, pengganti, penerus, pengontrol dan pelurus”. Oleh itu secara implisit dikatakan oleh Bapak Burhanudin yaitu kemajuan dan kehancuran sebuah bangsa terletak pada pemudanya. Sudah saatnya yang muda yang berbicara.

Sumpah pemuda sebagai pilar berdirinya semangat juang pemuda Indonesia untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penyadaran kembali akan pentingnya sumpah yang daklamasikan oleh Mohamad Yamin pada 28 Oktober 1928 harus dilakukan terutama pada para pemudanya. Pemuda dan mahasiswa tidak bisa diam saja melihat naik turunnya kondisi pemerintahan. Karena kesunyian itu yang nantinya membawa bangsa ini menjadi bangsa yang sunyi, yang tak mempedulikan apa yang tengah bergejolak dalam masyarakat.

Sudah saatnya pemuda dan mahasiswa dengan semangat sumpah pemuda untuk merubah (change) keadaan yang buruk menjadi keadaan yang lebih baik . Dikatakan Sosiolog Nisbet, membedakan penggunaaan istilah change dengan evolution, dengan maksud untuk mendeteksi perubahan. Change diartikannya sebagai terjadinya diskontinuitas dalam proses kehidupan masyarakat ; sementara evolution diartikan sebagai terdapatnya suatu kontinuitas dalam proses yang sama. Dan selayaknya pemuda harus merubah kondisi masyarakat saat ini menjadi lebih baik. Pemuda berperan untuk menggerakkan hati sanubari masyarakat akan pentingnya nasionaisme bangsa Indonesia, bukan nasionalisme etnis. Nasionalisme etnis hanya akan membuahkan perpecahan. Sumpah yang menjadi ikrar pemuda adalah tanda bahwa pemuda benci akan sifat individualistis. Pemuda ingin bersatu, pemuda tidak ingin dijajah, pemuda ingin membangun Indonesia. Dan semangat inilah yang tidak boleh rusak sampai ke akar sebuah bangsa yaitu pemuda. Pernyataan demi pernyataan tersirat, gagasan demi gagasan dipikirkan, aksi demi aksi dijalankan, tetapi apa artinya jika itu hanya sebuah perjalanan yang tidak membuahkan kebehasilan bangsa. Sudah saatnya kita bergerak, menjalankan amanah sebagai pemuda Pancasila. Memiliki Ketuhanan, semangat kesatuan, dan selalu bersatu untuk menghilangkan arogansi yang ada.

Mahasiswa adalah kelompok masyarakat yang sedang menekuni bidang tertentu. Mahasiswa sebagai kaum tepelajar dan intelektual harus tanggap dengan kondisi politik yang berkecamuk di luar keprofesian mereka. Mahasiswa sebagai calon pemimpin dan pembina pada masa yang akan datang ditantang untuk memperlihatkan kemampuan untuk memerankan peran itu. Mahasiswa sering dihadapkan pada kenyataan yang membingungkan dan dilematis. Apakah ia harus terjun ke dalam arus dan berusaha untuk mengarahkan dan mengendalikan arus itu atau sekedar manjadi penonton dan mengamati perubahan arus itu dari jauh, atau justru menjadi Koran obyek sasaran dari sebuah perubahan. Ini yang harus dijawab oleh mahaiswa saat ini. Sebagai bangsa majemuk berganda yaitu majemuk secara horizontal maupun secara vertical, mahasiswa harus mampu menjadikan etnis-etnis yang ada menjadi ekstensitas kekayaan masyarakat majemuk dan bukan menjadikan etnis menjadi yang utama dalam konsep negara bangsa. Oleh karena itu, mari pemuda Indonesia, melalui sumpah pemuda ini, jalankan amanah para pendahulu dan terus menatap ke depan untuk mencapai Indonesia yang lebih baik.

Kamis, 15 Oktober 2009

LAGI

UPDATE

baru aja nemuin neh keren parah.

Rabu, 30 September 2009

Kata-kata indah

Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita, kerana kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. Tapi pandanglah semua itu ke depan, pandanglah masa depan kita.

Kita dilahirkan dengan 2 buah telinga di kanan dan di kiri, supaya kita dapat mendengarkan semuanya dari dua buah sisi. Untuk berupaya mengumpulkan pujian dan kritikan dan memilih mana yang benar dan mana yang salah.

Kita lahir dengan otak di dalam tengkorak kepala kita. Sehingga tidak peduli semiskin mana pun kita, kita tetap kaya. Kerana tidak akan ada seorang pun yang dapat mencuri otak kita, fikiran kita dan idea kita. Dan apa yang anda fikirkan dalam otak anda jauh lebih berharga daripada emas dan perhiasan.

Kita lahir dengan 2 mata dan 2 telinga, tapi kita hanya diberi 1 buah mulut. Kerana mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang tidak menyenangkan. Sehingga ingatlah bicara sesedikit mungkin tapi lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya.

Kita lahir hanya dengan 1 hati jauh di dalam diri kita. Mengingatkan kita pada penghargaan dan pemberian cinta diharapkan berasal dari hati kita yang paling dalam. Belajar untuk mencintai dan menikmati betapa kita dicintai tapi jangan pernah mengharapkan orang lain untuk mencintai kita seperti kita mencintai dia.

Berilah cinta tanpa meminta balasan dan kita akan menemui cinta yang jauh lebih indah.


LOVE FOOL

ahahahaha..
hummm jangan pernah menyerah untuk mendapatkan DIA :D

Gonzaga Festival atau GONZFEST adalah acara perdana yang merupakan kolaborasi ketiga acara besar Kolese Gonzaga. Ketiga acara tersebut adalah Gonzaga School Meeting ( sekarang GFS ), Gonzaga Science & Art ( sekarang GFSA ), dan Gonzaga Performance Night ( sekarang GFPS ).

Gonzaga Festival terbuka bagiTINGKATAN SMA(untuk umum pada beberapa lomba). Diadakan tanggal 3- 14 November 2009 di Kolese Gonzaga, Jakarta Selatan.


Another amazing bassist

this is another my favourite bassist..
see that..

Bassist Anugerah Tuhan

Ini dia bassist pujaan gw.. ga cuma jago doank tapi dia juga inget sama Tuhan boy..
keren ngak tuh.. I hope so

Selasa, 01 September 2009

ITB Jazz

Gw baru tau ternyata di ITB ada juga komunitas jazz nya

keren banget,
kakak2 kelas yang ramah dan jago-jago membuat gw masuk ke komunitas ini, ITJazz
gak sekedar buat yang bisa main, tapi buat yang suka dengerin, nikmatin, dan terkesan akan musik jazz, semuanya bisa mauk komunitas ini.
apalagi pas bagian jammin bareng
gak nyangaka ternyata ada angakatan 2009 yang jago banget.

woi FING gimana neh, apa kita cuma bisa mengagumi orang2 yang kayak mereka
apa kita yang akan dikagumi?
ayo dunk klo sempt kita buat rekaman lagi
supaya ngeband kita selama 2 tahun ini punya arti
meskipun kita udah pisah jauh, tapi kita tetep FING
dan disini banyak juga anak Jakarta yang tau band FING
mereka ingin dger lagu kita, ingin tau apa itu FING
ayo kita tunjukin
klo lu baca ini confirm ke gw ya (pewe)

siapa tau di ITJazz kita jadi bintang tamu.. aahaha.. terlalu berharap
tapi yang penting gw ingin musik FING di dengar dimana2

inches of you, masa lalu, kalo bisa vrisco disco bisa jadi musik yang kita denger kalo di moobil orang lainn. ehehehehe
:)

Senin, 13 April 2009

kenyataan tentang musik

Musik dan Manfaatnya

Disadari atau tidak, musik bisa memengaruhi hidup seseorang. Dengan mendengarkan musik, seseorang dapat menghadirkan suasana yang memengaruhi batinnya. Apakah itu suasana bahagia ataupun sedih, bergantung pada pendengar itu sendiri. Yang jelas, musik mampu memberikan semangat pada jiwa yang lelah. Apalagi yang lagi dilanda cinta, seakan musik menjadi bahan bakar yang mampu menyemangati untuk terus dekat dengan si dia.

Musik juga dapat difungsikan sebagai sarana terapi kesehatan. Ketika mendengarkan musik, gelombang listrik yang ada di otak pendengar dapat diperlambat dan dipercepat. Alhasil, kinerja sistem tubuh mengalami perubahan. Bahkan, musik juga mampu mengatur hormon-hormon yang memengaruhi stres seseorang, serta mampu meningkatkan daya ingat pada otak.

Selain itu, musik juga memiliki kekuatan untuk memengaruhi denyut jantung dan tekanan darah sesuai dengan frekuensi, tempo, dan volumenya. Makin lambat tempo musik, denyut jantung semakin lambat dan tekanan darah menurun.

Akhirnya, pendengar pun terbawa dalam suasana rileks, baik itu pada pikiran maupun pada tubuh. Makanya, sejumlah rumah sakit di luar negeri mulai menerapkan terapi musik pada pasiennya yang mengalami rawat inap.

Efek Mozzart

Merupakan salah satu istilah untuk sebuah efek yang bisa dihasilkan sebuah musik yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan intelegensia seseorang. Hal ini sudah terbukti. Ketika seorang ibu yang sedang hamil duduk tenang, seakan terbuai alunan musik tadi yang juga ia perdengarkan di perutnya. Hal ini dimaksudkan agar kelak si bayi akan memiliki tingkat intelegensia yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang dibesarkan tanpa diperkenalkan pada musik. Dengan cara tertentu, otak pun akan distimulasi untuk "belajar" segala sesuatu lewat nada-nada musik. Selain itu, musik-musik yang berirama klasik adalah jenis musik yang dianjurkan banyak pakar buat ibu hamil dan si bayi. Yaitu bisa mencerdaskan bayi dan juga bisa memberi ketenangan buat ibu hamil.

"Refreshing"

Kadang saat pikiran kita lagi bete dan buntu, bingung, tidak tahu apa yang harus dilakukan, dengan mendengarkan musik, segala pikiran bisa kembali segar. Hasilnya, kita bersemangat kembali mengerjakan sesuatu yang tertunda.

Motivasi

Motivasi adalah hal yang hanya bisa dilahirkan dengan perasaan dan mood tertentu. Apabila ada motivasi, semangat pun akan muncul dan segala kegiatan bisa dilakukan. Begitu juga sebaliknya, jika motivasi terbelenggu, maka semangat pun menjadi luruh, lemas, tak ada tenaga untuk beraktivitas. Coba saja diingat saat upacara bendera setiap Senin pagi yang diwajibkan menyanyikan lagu wajib nasional itu, semata-mata kan hanya untuk menimbulkan motivasi mencintai negeri, mengenang jasa pahlawan, dan memberi semangat baru pada pesertanya. Hal ini seharusnya berlaku juga pada irama mars yang merupakan irama untuk mengobarkan semangat perjuangan.

Kepribadian seseorang

Perkembangan kepribadian seseorang juga memengaruhi dan dipengaruhi oleh jenis musik yang didengar. Jika waktu kecil kita suka mendengarkan lagu-lagu anak-anak, waktu sudah besar kita pun akan memilih sendiri jenis musik yang kita sukai. Pemilihan jenis musik yang disukai bisa dibilang membantu kita untuk memberikan nuansa hidup yang kita butuhkan.

Terapi

Berbagai fakta juga menunjukkan tentang manfaat musik untuk kesehatan. Bahkan bagi orang yang lagi sakit, musik bisa menjadi alternatif terapi yang diharapkan bisa mengarahkan dan mempercepat pemulihan tubuh.

Komunikasi

Musik jelas bisa dijadikan sebuah bahasa yang universal. Musik juga mampu menyampaikan berbagai pesan ke seluruh bangsa tanpa harus memahami bahasanya. Selain itu ada bukti lagi, event sedunia yang sering digelar dengan menghabiskan dana ratusan juta sampai miliaran rupiah juga tidak pernah meninggalkan musik sebagai pengantarnya. Bagi dunia industri, musik bisa juga memberikan image produk lewat iklan-iklannya.

Dunia ini tanpa ada musik, ibarat sayur tanpa garam. Iya kan? Buktinya, di semua sekolah unggulan atau non-unggulan memasukkan mata pelajaran musik sebagai materi wajib dan diperkaya dengan kegiatan ekstrakurikuler. Di mana materi pelajaran musik yang diajarkan meliputi musik universal dan musik tradisional. Selain itu, tampaknya hasil pembelajaran akan musik ini pun juga menghasilkan nilai positif, bahkan kadang dengan musik ada teman kita yang masih duduk di bangku sekolah mampu berkarya melalui grup band dan akhirnya terkenal.

Minggu, 12 April 2009

ayoayo ngeband lagi

oioi abis UAN kita ngeband lagi nyokk
konfirmasi yew

what your comment about music

bwat gw music itu sebagian dari hidup gw
bagaimana menurut lo??
post comment lo disini

what your comment about music

bwat gw music itu sebagian dari hidup gw
bagaimana menurut lo??
post comment lo disini